5 Aplikasi Video Conference Terbaik, Untuk Kelancaran Work From Home

Aplikasi Video Conference Terbaik

Sejak pandemi virus Corona mulai mewabah di Indonesia, pemerintah menghimbau untuk melakukan Work From Home. Tidak hanya berlaku bagi para pekerja saja, namun juga ruang belajar online untuk para mahasiswa. Ada beberapa aplikasi video conference yang turut andil, untuk mempermudah koordinasi dengan rekan kerja. Tujuannya agar pekerjaan tetap berjalan sesuai alurnya. Berikut rekomendasi aplikasi yang bisa anda gunakan, simak disini.

Daftar Aplikasi untuk Rapat dari Rumah

1. Google Hangouts Meet

Seperti biasa Google selalu memfasilitasi kemudahan online, bagi para penggunanya. Termasuk aplikasi video conference, yang memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Aplikasi ini bekerja secara efektif dan maksimal, serta mampu melibatkan hingga 350 peserta dalam forum. Platform aplikasi ini pun dapat menyiarkan live streaming, dan ditonton 100 ribu penonton.

Sayangnya untuk bisa memanfaatkan beberapa fitur yang tersedia, anda harus berlangganan layanan G Suite. Sedangkan bagi pengguna layanan gratis, hanya bisa menerima panggilan video. Namun semenjak pandemi virus Corona menyebar, dan diberlakukan aktivitas work from home. Google Hangouts Meet menawarkan layanan ini secara gratis, hingga 1 Juli 2020.

2. Skype

Pengguna bisa menggunakan salah satu layanan populer ini secara gratis, dan mengeksplor semua fitur di dalamnya. Tidak perlu khawatir akan kesulitan berkomunikasi, anda cukup memanfaatkan fitur video call. Layanan milik Microsoft ini bisa melakukan video conference, dengan total peserta 50 orang. Anda dan para rekan kerja bisa bergabung sekaligus, dalam sebuah sesi percakapan.

3. Cyberlink U Meeting

Aplikasi untuk melakukan video conference ini, tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk layanan gratisnya pengguna bisa melakukan group call, dengan jumlah peserta 25 orang. Kemudian tersedia penyimpanan cloud sebesar 2GB, untuk perekaman sesi panggilan video. Sedangkan yang versi berbayar pengguna bisa mengadakan meeting online, dengan kapasitas peserta melebihi 30 orang. Dan yang terpenting aplikasi dilengkapi end to end encryption.

4. Facebook Messenger Desktop

Facebook meluncurkan aplikasi Messengger Desktop, khusus untuk pengguna Windows dan MacBook. Selain melakukan sesi video call, pengguna juga bisa mengirim pesan berupa teks, foto, dan video. Namun aplikasi ini hanya melayani jumlah peserta video terbatas, sejumlah 8 orang saja. Jadi lebih memungkinkan jika berkomunikasi dengan orang-orang tertentu saja. Dan membahas percakapan yang lebih privat, dan bukan ranah pekerjaan yang skala besar.

5. Cisco Webex

Aplikasi video conference Webex pertama kali berdiri tahun 90-an. Kemudian pada tahun 2007 perusahaan Webex diakusisi oleh Cisco. Layanan Cisco Webex cenderung berfokus ke aplikasi bisnis, dan sering digunakan oleh perusahaan besar. Namun sejak pandemi virus corona mewabah, pihak pengembang menyediakan versi gratis. Pengguna bisa membuat panggilan dengan 100 peserta, dengan durasi panggilan lebih dari 40 menit.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Cisco Webex lewat berbagai perangkat. Jika memang tidak perlu melakukan video, tinggal mengaktifkan panggilan audio tanpa gambar. Pengguna bisa mengadakan meeting online disini, dan bertukar pendapat dengan rekan kerja. Tidak perlu khawatir aplikasi harus membayar mahal, karena anda bisa menikmati layanan tersebut secara gratis.

Menindaklanjuti pandemi Covid-19 yang terus menyebar, pemerintah menghentikan segala aktivitas di luar rumah. Kemudian menghimbau semua perusahaan dan institusi, untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Dengan adanya berbagai aplikasi video conference, aktivitas work from home bukan lagi menjadi masalah. Pengguna tetap bisa berkomunikasi dengan para rekan kerja, serta menjalankan alur pekerjaan sesuai protokol.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>