Sudah Tahu 7 Perubahan di Bidang Teknologi pada Tahun 2020 ?

Perubahan di Bidang Teknologi

Sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini dunia digemparkan dengan munculnya virus yang bernama corona atau covid-19. Hingga saat ini telah diketahui banyak negara yang terjangkit oleh virus tersebut. Dengan adanya virus yang tergolong pada wabah pandemi ini, tak dapat dipungkiri bahwa banyak perubahan yang terjadi. Seperti perubahan pada bidang teknologi di tahun 2020. Simak penjelasan secara lebih lengkap berikut ini.

7 Perubahan di Bidang Teknologi pada Tahun 2020

1. Kegiatan Secara Online Semakin Marak

Terdapat beragam perubahan yang terjadi di taun 2020 pada bidang teknologi. Salah satunya adalah kegiatan online yang semakin marak dilakukan. Contohnya adalah kegiatan belajar dan pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka secara langsung saat ini. Layanan publik yang ada di Indonesia sendiri juga telah mengalami perubahan dengan menerapkan sistem online di dalamnya.

2. Kehidupan Digital Menjadi Lebih Sehat

Perubahan yang selanjutnya adalah kehidupan digital yang akan menjadi semakin sehat. Misalnya adalah banyak musisi yang memanfaatkan internet dengan lebih baik yaitu dengan memposting karya yang dimilikinya. Tak hanya itu, para pelatih yoga dan kegiatan untuk menenangkan pikiran lainnya juga banyak membagikan ilmu bermanfaat dengan berbasis dunia digital.

3. Virtual Reality Semakin Digemari

Dengan adanya virtual reality seseorang dapat merasakan sensasi pergi ke berbagai tempat meskipun sedang mengisolasi diri di rumah. Hal ini tentu saja sangat membantu masyarakat untuk menghilangkan kebosanan akibat tidak dapat pergi ke tempat tertentu. Virtual reality sendiri juga dinilai mampu menjaga kesehatan mental orang orang yang tengah berjuang menghadapi wabah pandemi yang menyerang ini.

4. Munculya Teknologi Telemedica

Wabah covid-19 ini juga memiliki dampak besar pada dunia teknologi sehingga memunculkan adanya telemedica di masyarakat. Dengan teknologi tersebut dinilai dapat menekan penyebaran virus yang berbahaya ini. Namun kekurangan dari teknologi telemedica sendiri adalah dokter yang tidak dapat melakukan pengecekan secara langsung kepada pasien yang bersangkutan.

5. Dunia Sains Kembali Dinomorsatukan

Tak dapat dipungkiri, beberapa tahun belakangan ilmu sains kurang mendapat tempat di hati masyarakat dengan alasan tersendiri yang ada di baliknya.Namun dengan adanya wabah corona membuat banyak orang kembali menomorsatukan dunia sains. Orang orang tersebut akan berusaha mencari informasi yang sebenarnya dari para ilmuwan yang kompeten di bidangnya.

6. Perubahan pada Social Justice Warrior

Perubahan lainnya yang juga terjadi di tahun 2020 akibat virus covid-19 ialah berkaitan dengan fenomena SJW (Social Justice Warrior). SWJ sendiri merupakan pihak yang mengutarakan sebuah pandangan sosial dengan cara yang progesif. Namun si tengah wabah yang melanda, tentu banyak orang yang lebih membutuhkan aksi nyata dan juga empati daripada hanya sekedar diceramahi saja.

7. Pemerintahan dalam Bentuk Virtual

Banyak hal terjadi pada pemerintahan suatu negara akibat pandemi yang ada. Misalnya adalah aparat pemerintahan yang tidak dapat berkumpul secara langsung. Untuk mendukung kinerja pejabat pemerintah tersebut pada akhirnya teknologi digital menjadi solusinya. Solusi tersebut juga membuat banyak orang mulai memikirkan untuk melakukan beragam hal secara online.

Dengan adanya wabah pandemi yang telah menyebar hampir ke seluruh dunia, banyak hal yang juga ikut mengalami perubahan. Misalnya adalah, kegiatan secara online semakin marak, kehidupan digital menjadi lebih sehat, virtual reality semakin digemari, munculya teknologi telemedica, dunia sains kembali dinomorsatukan, perubahan pada social justice warrior, dan juga pemerintahan berubah menjadi dalam bentuk virtual.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>