Sudah Tahu Cara Mengamankan Akun Gmail? Yuk Cek di Sini

Cara Mengamankan Akun Gmail

Gmail merupakan akun email yang saat ini banyak digunakan, khususnya untuk kepentingan pekerjaan. Sebagai salah satu media yang banyak digunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk dokumen, Gmail menyimpan banyak informasi mengenai pemilik akun. Sayangnya tingkat keamanan pada akun ini seringkali diabaikan pengguna. Agar tidak sampai diretas, berikut ini cara mengamankan akun Gmail yang bisa kamu terapkan.

Tips Mudah untuk Mengamankan Akun Gmail

1. Menggunakan Passwod yang Tidak Umum

Seringkali pengguna memilih kata sandi yang lebih umum agar lebih mudah diingat. Padahal banyak kasus pembobolan akun disebabkan karena penggunaan kata sandi yang terlalu umum, sehingga orang lain lebih mudah untuk dikira kira. Jika hal ini sudah terjadi, maka orang lain bisa masuk akun Gmail kamu dengan mudah. Maka dari itu, cobalah untuk memasukkan kata sandi yang lebih umum dan jarang digunakan agar akun Gmailmu lebih aman.

Kamu bisa menggunakan kombinasi dari huruf dan angka. Tentunya hacker akan sulit menebak kata sandi yang kamu gunakan tersebut. Selain itu, lakukan juga dengan menggunakan huruf kapital agar kata sandi tersebut semakin aman. Jika kamu takut lupa dengan kata sandi yang kamu gunakan, kamu bisa menyimpannya di note HP atau laptop. Namun usahakan juga bahwa tempat kamu menyimpan kata sandi tersebut aman.

2. Rutin Memeriksa Riwayat Akun

Cara mengamankan akun Gmail selanjutnya yaitu dengan rutin memeriksa riwayat akun. Hal ini tentunya sangat penting untuk dilakukan oleh pengguna akun Gmail. Pasalnya, orang yang meretas akunmu bisa dengan mudah mengakses Gmail tanpa sepengetahuanmu. Kamu bisa memeriksa riwayat akun dengan masuk ke akun gmail terlebih dahulu, kemudian gulir pada bagian bawah. Di situ, kamu akan menemukan teks “Last Account Activity”

Selanjutnya kamu dapat mengetahui aktivitas terakhir ketika membuka akun Gmail. Kemudian klik “Detail” untuk memunculkan jendela yang berisi alamat protokol internet yang mengakses akun. Lakukan hal ini secara rutin yaitu setiap minggu sekali untuk mengetahui apakah aktivitas yang ada sesuai dengna yang kamu lakukan. Kamu juga dapat mengaktifkan peringatan untuk menerapkan cara mengamankan akun Gmail.

3. Menggunakan Fitur Verifikasi Dua Langkah

Karena penggunaan akun Gmail oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, bisa menyebabkan data datamu digunakan untuk hal yang tidak diinginkan atau hal hal yang berbahaya. Maka untuk mengatisipasi hal ini agar tidak sampai terjadi, tidak cukup dengan melakukan cara di atas saja. Kamu juga perlu melakukan pengamanan akun Gmail dengan menggunakan fitur Verifikasi Dua Langkah. Fitur ini juga disebut dengan two factor authentication, 2FA.

Jika kamu menggunakan cara ini, maka peretas akan membutuhkan enam akun digit yang berisi angka acak untuk dikirim pada apkikasi auntentikasi. Untuk mengaktifkan fitur ini, maka kamu perlu mengkases lama keamanan akun Gmail terlebih dahulu. Baru kemudian, klik pada tombol “ 2-Step Verification. Selanjutnya, kamu bisa memilih cara angkat acak agar bisa muncul pada perangkat. Dengan begitu, kamu sudah menerapkan cara mengamankan akun Gmail.

Tips mengamankan akun gmail sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Cara ini memang tergolong sederhana namun seringkali diabaikan. Selain menggunakan cara cara tersebut, kamu juga harus menghindari login akun Gmail pada perangkat lain. Apalagi jika kamu mengaksesnya di tempat umum seperti warnet atau jasa print. Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah logout akun pada perangkat tersebut.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>